Hit Counter

e-mail : eightclubsains@gmail.com

Minggu, 23 Januari 2011

Lampu Lalu Lintas ( Karya Tulis Ilmiah )


Maksud dari kesetimbangan adalah keadaan sistem yang pengaruh gaya dan torsi nol. Sedangkan arti dari benda tegar sendiri ialah ukuran dan bentuk benda tidak berubah karena pengaruh gaya dan torsi.
Seperti permasalahan yang akan kami bahas tentang lampu lalu lintas ini, ia termasuk dalam benda tegar karena pengaruh gaya dan torsi sama dengan nol. Hal itu dapat di buktikan dari gambar berikut ini. Yakni gaya berat dari W1 dan W0 disamakan oleh gaya dari fs dan gaya T ( tegang tali ). Gaya W1 dan W yang arahnya ke bawah searah jarum jam ( CW ) disamakan oleh gaya fs dan gaya T yang arahnya keatas berlawanan jarum jam ( CCW ).

Pada gambar tersebut di jelaskan bahwa sebuah lampu lalu lintas bermassa 20 Kg di tahan oleh sebuah balok yang bermassa 15 Kg dan balok tersebut mempunyai engsel. Masalah yang di hadapi sekarang yakni mencari gaya tegang tali. Dan cara penyelesaianya sebagai berikut.
∑ Tau = 0
Anggap “A” sebagai poros diam.
Gaya fs mengarah mengarah keatas karena untuk mengimbangi gaya berat dari W1  dan W0. Gaya fs juga di bantu oleh gaya T. Oleh karena gaya – gaya yang bekerja pada titik A adalah gaya fs , Na, Tx yang mempunyai torsi nol.
Tau W0 + Tau  W1 – Tau T = 0
: l
 
W0 . 1/2 l  +  W1 . l  = T . l . Sin 45 0

150 . ½ + 200 = T . 1/2 √2
                    T = 389 N
Dengan demikian, dapat menemukan nilai dari gaya T.









Referensi gambar:
  1. Gambar lampu lalu lintas : http://www.gurumuda.com/masalah-benda-tegar#more-5384
  2. Gambar arah - arah gaya : olahan sendiri
  3. Gambar vektor : olahan sendiri
Tambahan :
Ini adalah foto - foto sesungguhnya tentang lampu lalu lintas dengan model yang sperti kami bahas.
Jalan Sudirman kawasan Simpang Empat Kota Tebing Tinggi
 Referensi gambar:
http://harianmandiri.wordpress.com/2008/10/09/traffic-light-di-jalan-sudirman-tebing-tinggi-berkualitas-rendah/

2 komentar:

  1. Sangat bagus, nilai baru 90. Supaya dapat nilai 100, gambar asli trafic light yang di jepret sendiri atau di upload di internet dan tetap ditulis di ambil dimana atau uload dimana! Coba kalian revisi. Sedikit pengembangan gambar dan perhitungan shg ada saran atau usulan supaya setiap membangun trafic light ada perhitungan kekuatan bahan termasuk pondasi. bagaimana mampukah?

    BalasHapus